Penampilan yang menarik belum tentu menjadikan keunggulan bagi seseorang untuk memikat lawan jenisnya. Penampilan yang menarik akan sia-sia jika tidak diiringi dengan aroma badan yang wangi. Bau badan tentunya juga memberikan nilai tersendiri dalam penampilan seseorang. Karena jika seseorang memiliki bau badan yang kurang sedap, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan terhadap orang yang ada di sekitarnya.

Bau badan dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti makanan yang dikonsumsi, keringat, dan kebersihan seseorang. Keringat dan minyak yang secara alami dihasilkan oleh kulit kita dapat menjadi lingkungan yang sangat baik bagi tumbuhnya jamur dan mikroba. Hal inilah yang menjadikan bau badan menjadi tidak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

Jamur dan bakteri yang tumbuh di permukaan kulit yang berminyak dan berkeringat dapat menghasilkan gas yang memberikan aroma kurang sedap pada tubuh, sehingga untuk mengatasi hal ini, utamanya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan pakaian yang digunakan.

Cara menghilangkan bau badan tidaklah sulit, berikut beberapa cara untuk menghilangkan bau badan secara alami.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

1. Daun sirih

Cara yang sudah umum di masyarakat untuk mengatasi bau badan adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih mengandung senyawa-senyawa yang dapat berperan sebagai anti-oksidan yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba yang ada di sekitar tubuh kita, yang menyebabkan bau badan tidak sedap.

Cara memanfaatkan daun sirih untuk menghilangkan bau badan adalah dengan merebus daun sirih kurang lebih 9-10 lembar. Kemudian air hasil rebusan ini digunakan untuk mandi. Pemakaian air rebusan daun sirih untuk mandi secara rutin dapat menghilangkan bau badan yang sering timbul pada tubuh.

2. Daun Kemangi

Daun kemangi adalah daun yang berbau khas dan sering digunakan sebagai lalapan ketika makan dengan lauk dan sambal. Selain segar, daun ini juga dapat berperan sebagai anti-oksidan dalam tubuh, sehingga mampu menghancurkan bibit-bibit penyakit dalam tubuh.

Tak hanya itu, daun kemangi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Dengan menggunakan daun kemangi sebagai lalapan, bau badan yang kurang sedap dapat teratasi.

Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan memilih daun kemangi yang masih muda, kemudian cuci sampai bersih. Gunakan daun kemangi sebagai lalapan segar. Konsumsi dengan rutin, maka bau badan akan menghilang.

3. Daun Beluntas

Sama halnya dengan daun kemangi, daun beluntas sering dimanfaatkan sebagai lalapan segar ketika makan dengan lauk dan sambal. Daun beluntas juga memiliki aroma yang khas, namun jika dibandingkan dengan aroma daun kemangi, aroma daun beluntas lebih lemah.

Daun beluntas juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Sama dengan daun kemangi, cara penggunaan daun ini adalah dengan memakannya secara segar sebagai lalapan. Dengan mengonsumsi secara rutin, maka bau badan kita secara perlahan akan menjadi segar dan tidak menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

4. Cengkih

Cengkih merupakan rempah-rempah yang sering digunakan pada masakan untuk menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Selain iti, ternyata Cengkih juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Hal ini dikarenakan, cengkih mengandung senyawa anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dapat mengatasi mikroba penyebab bau badan.

Cara penggunaan cengkih untuk mengatasi bau badan adalah sebagai berikut:

  • Ambil cengkih secukupnya
  • Seduh cengkih dengan air hangat secukupnya
  • Tunggu sampai mengembang
  • Minum air seduhan tersebut
  • Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih optimal

Demikian beberapa cara untuk mengatasi bau badan. Semoga bermanfaat.