Penyakit kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang menakutkan bagi wanita setelah penyakit kanker serviks. Bagian tubuh yang diserang adalah bagian payudara. Ia akan tumbuh lalu merusak jaringan payudara seperti jaringan lemak, saluran keluar air susu, lobulus atau pabrik penghasil air susu dan jaringan penunjang yang lainnya. Faktor lingkungan, gaya hidup, dan juga hormonal dicurigai sebagai penyebab terjadinya kanker payudara ini. Lalu seperti apa ciri ciri kanker payudara itu? Supaya kita bisa mendeteksi secara dini dan melakukan penanganan dengan segera sebelum terlambat.

Tanda awal terjadinya kanker payudara sebenarnya tidak sama bagi semua wanita. Walau demikian, ada beberapa hal yang dapat ditandai sebagai ciri dari kanker payudara ini. Bila anda mengalami beberapa tanda yang tertera dalam artikel di bawah ini, maka sebaiknya anda segera konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kenali Ciri Ciri Kanker Payudara Sejak Dini Sebelum Terlambat

Ciri Ciri Kanker Payudara Pada Wanita

Mempunyai resiko atau tidak, pastinya tak ada salahnya jika kita ketahui ciri- ciri kanker payudara. Khususnya kenker payudara stadium 1. Supaya bila sel kanker tumbuh, maka penanganan dan pengobatan bisa segera dilakukan dan tidak terlambat. Di bawah ini adalah beberapa ciri kanker payudara yang bisa anda ketahui:

Terjadi Perubahan Warna kulit Payudara

Warna kulit payudara yang berubah ini kadang disalah artikan sebagai infeksi. Tapi bila anda merasa yakin adanya benjolan yang muncul di dalam payudara anda, maka kemungkinan perubahan warna kulit ini dapat membuat anda menjadi lebih waspada. dalam tahap ini, kulit payudara terlihat seperti terjadi iritasi, kemerahan dan memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Bagian permukaan kulit yang terkena kanker terlihat berlekuk lekuk dan terjadi penebalan. Meski demikian, dalam kanker payudara dengan tipe tertentu, warna kulit payudara berubah itu tidak terjadi.

Benjolan Di Dalam Payudara

Ini termasuk dalam salah satu tanda awal munculnya kanker payudara. Benjolan ini memang tidak selalu memberikan rasa sakit. Walaupun demikian, tidak semua benjolan yang ada dan muncul di payudara anda merupakan benjolan dari penyakit kanker payudara ini. Anda bisa meraba benjolan ketika anda melakukan deteksi dini sendiri di rumah. Umumnya akan teraba saat anda menstruasi.

Puting Susu Sakit

Selain ada benjolan dan juga perubahan warna kulit payudara, maka yang menjadi tanda atau ciri kanker payudara yang lain adalah puting payudara akan terasa sakit. Selain terasa sakit dan nyeri, bagian puting juga akan mengalami perubahan bentuk. Disamping itu, juga ditandai dengan keluarnya cairan yang tidak wajar atau puting melesak.

Di Bagian Ketiak Muncul Benjolan

Walaupun nama penyakit ini adalah kanker payudara, tapi bukan berarti jika ada benjolan di bawah ketiak yang anda temukan tak ada hubungannya dengan penyakit kanker ini. Jaringan payudara yang meluas sampai di bawah ketiak bisa saja terkena kanker. Itulah mengapa kanker bisa menyebar lewat kelenjar getah bening yang terdapat di bawah ketiak.

Cara Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Langkah yang paling mudah dan bisa anda lakukan untuk mendeteksi ciri awal kanker payudara adalah lakukan SADARI. Ini adalah singkatan dari Pemeriksaan Payudara Sendiri. Ini adalah pengecekan bagi wanita yang bisa dilakukan di rumah untuk memeriksa benjolan yang ada pada payudara.

Waktu terbaik memeriksa payudara anda untuk mengetahui ciri ciri kanker payudara adalah beberapa hari setelah menstrulasi anda selesai. Sebab, perubahan hormon akan terjadi dan mempengaruhi bentuk dan perasaan terhadap payudara. Sebaiknya lakukan pemeriksaan saat payudara berada dalam status normal.