Ini bukan Lupus judul sebuah film remaja yang terkenal itu ya sobat. Lupus yang akan kita bahas di bawah ini adalah nama sebuah penyakit. Mungkin beberapa dari Anda ada yang pernah mendengar atau memiliki seorang teman yang menderita penyakit yang kabarnya tidak bisa disembuhkan ini. Lupus adalah kelainan atau gangguan yang berasal dari dalam tubuh sendiri, tidak diakibatkan oleh jamur, virus atau bakteri yang berasal dari luar tubuh. Bagaimana penyakit ini sebenarnya? Dan benarkah penyakit yang satu ini tak tersembuhkan?

Pengertian Penyakit Lupus

Lupus adalah kondisi di mana tubuh mengalami gangguan sistem kekebalan. Dalam tubuh kita ada “tentara” yang bertindak melawan dan melindungi tubuh dari serangan “benda asing” seperti virus, bakteri dan kuman yang membawa penyakit. Tentara ini disebut dengan antibodi. Pada penderita lupus, Antibodi diproduksi secara berlebihan dan hal ini berakibat buruk. Antibodi menyerang sel tubuh yang sehat. Bisa dibayangkan jika tentara menyerang warga negaranya?

Penyebab penyakit lupus belum diketahui dengan pasti. Namun, penyakit ini tidak selalu merupakan bawaan lahir. Ada beberapa jenis penyakit lupus yang harus diketahui. Diantaranya adalah :

  • Systemic lupus erthematosus (SLE), adalah jenis lupus yang paling sering terjadi. Penyakit ini menyerang bagian tubuh seperti pembuluh darah, otak ginjal, sendi, kulit, dan paru-paru.
  • Subacute cutaneous lupus erythematosus, merupakan jenis lupus yang menyerang pada lapisan kulit dan seringkali membuatnya nampak seperti habis terbakar sinar matahari.
  • Neonatal lupus, adalah lupus yang menyerang bayi yang baru saja lahir. Penyakit ini diturunkan oleh ibu yang juga memiliki kelainan antibodi.
  • Discoid lupus erthematosus, adalah sejenis lupus yang juga menyerang lapisan kulit dan menyebabkan ruam-ruam merah di permukaan kulit.
  • Lupus akibat obat-obatan, umumnya lupus yang satu ini terjadi dalam waktu yang cukup singkat sebagai efek dari obat-obatan. Jika kondisi tubuh sudah membaik dan normal, gejala lupus juga akan hilang.

Gejala Penyakit Lupus

Penyakit lupus dominan menyerang wanita karena pengaruh kromosom gen yang dimiliki. Menurut sebuah studi di lapangan, hampir 90% dari total penderita lupus adalah kaum wanita. Gejala yang dialami oleh penderita lupus adalah sebagai berikut:

  • Rambut Rontok
  • Timbul banyak ruam di beberapa bagian tubuh
  • Sendi terasa sakit dan nyeri
  • Pembengkakan sendi
  • Mengalami demam hingga kejang
  • Bagian dada akan terasa sakit
  • Luka pada bagian hidung dan mulut yang tak kunjung sembuh

Lupus adalah penyakit yang dapat menyebabkan gangguan atau munculnya penyakit lainnya seperti gagal ginjal, darah tinggi, kejang dan stroke. Hingga saat ini memang belum ditemukan obat yang terbukti efektif menyembuhkan penyakit lupus karena awal terjadinya lupus adalah dari dalam tubuh penderita sendiri. Obat-obatan yang digunakan oleh penderita lupus sejauh ini hanya bersifat menekan agar gejala yang dialami tidak terlalu menyakitkan.

Bagi Anda yang didiagnosa menderita penyakit ini, sebenarnya Anda bisa hidup dengan normal. Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita lupus adalah menjalani beberapa perawatan dan menjaga hidup sehat serta pola makan teratur. Hindari hal-hal yang bisa memicu munculnya lupus seperti paparan sinar matahari dan makanan-makanan terlarang.