Seperti yang kita tahu bahwa nasi tumpeng merupakan sajian istimewa yang menjadi makanan tradisional Indonesia yang khas. Nasi tumpeng ini disajikan dengan dilengkapi lauk pauk yang dibentuk kerucut dan ditempatkan diatas tampah dengan alasa daun pisang. Nasi tumpeng Jakarta menyediakan nasi tumpeng untuk pesta ulang tahun, syukuran, peresmian dan lain sebagainya.

Untuk jenis nasi yang disajikan dalam membuat Nasi Tumpeng umumnya adalah Nasi Kuning, meski ada juga yang membuat Nasi Tumpeng dengan memakai Nasi Tumpeng Putih atau Nasi Tumpeng Uduk. Anda bisa menyajikan nasi tumpeng dengan bentuk yang unik unruk acara anda agar lebih menarik.

Penyedia Jasa Catering Nasi Tumpeng Jakarta Lengkap

Nasi Tumpeng Jakarta Komplit

Biasanya pada budaya Tradisional Indonesia puncak kerucut dari nasi tumpeng dipotong untuk dan disajikan kepada tamu yang hadir dalam acara yang umurnya paling tua atau tokoh yang dihormati atau disegani. Anda bisa memesan nasi tumpeng Jakarta yang komplit ini sesuai dengan kebutuhan dengan beragam pilihan berbentuk kerucut yang bersusun seperti bentuk Borobudur atau berbentuk kerucut lancip atau bisa juga dengan bentuk LOVE.

Catering kami menyediakan Nasi Tumpeng Jakarta Komplit dengan kualitas cita rasa tradisional yang terjaga dengan harga yang dijamin murah untuk sistem Pesan Antar wilayah di Jakarta dan Sekitarnya. Masakan yang disajikan kami jamin selalu dalam keadaan segar, biasanya proses pemasakannya adalah setiap pesanan siap 2 jam sebelum makanan diantar.

Makna Simbolis Nasi Tumpeng

Bentuk tumpeng yang berupa kerucut dan mempunyai satu titik pusat pada puncaknya dipercaya melambangkan Gunung Mahameru yang merupakan konsep alam semesta dan berasal dari agama Hindu dan Buddha. Bentuk tumpeng ini mulanya terdapat dalam mitologi Hindu, yang ada di epos Mahabarata.

Dalam kepercayaan Hindu Gunung merupakan awal kehidupan, sehingga amat dihormati. Dalam Mahabarata dikisahkan tentang Gunung Mandara, yang dibawahnya mengalir amerta atau air kehidupan. Yang meminum air itu akan mendapat mendapat keselamatan. Penggunaan tumpeng pada acara seperti selamatan berdasarkan pada hal ini. Disamping itu untuk penganut Hindu, gunung memiliki istilah méru, ini merupakan representasi dari sistem kosmos atau alam raya. Jika dikaitkan dengan bagian puncak tumpeng, maka ini melambangkan Tuhan sebagai penguasa kosmos. Acara selamatan menggunakan tumpeng karena dikaitkan  dengan wujud persembahan, penyembahan, syukur, dan doa pada Tuhan.

Bentuk tumpeng selain mendapat pengaruh agama Hindu, juga dipengaruhi oleh agama atau kepercayaan masyakarat Jawa atau yang disebut juga dengan nama kejawen. Masyarakat Jawa sendiri sebenarnya lebih menganggap kejawen sebagai seperangkat cara pandang dan nilai-nilai yang dibarengi dengan sejumlah laku (perilaku). Ajaran kejawen biasanya tidak terpaku pada aturan yang ketat seperti aturan-aturan agama pada umumnya, tetapi menekankan pada konsep “keseimbangan”. Benda-benda tertentu yang punya arti simbolik ikut dilibatkan dalam hal ini.

Gunung memiliki arti sakral oleh masyarakat Jawa, sebab mempunyai kaitan erat dengan langit juga surga. Makna dari bentuk tumpeng inimenempatkan Tuhan dalam posisi puncak yang menguasai alam. Bentuk kerucut dari gunungan juga memberikan lambang dari sifat awal dan akhir, simbolisasi sifat alam dan manusia yang bermula dari Tuhan dan akan kembali atau berakhirpada Tuhan.

Nah, untuk kebutuhan acara pesta anda yang menggunakan nasi tumpeng, maka percayakan semuanya kepada nasi tumpeng Jakarta yang akan menyiapkan nasi tumpeng kuning komplit untuk anda. Untuk kualitas rasa dan juga harganya sangat terjangkau dan pasti anda tak akan kecewa.