Untuk seorang ibu, setiap tahapan sang anak tumbuh dan berkembang adalah hal yang tak ingin dilewatkan. Termasuk perkembangan bayi 8 bulan ini. Sebab saat bayi memasuki usia 8, bulan banyak sekali perkembangan yang luar biasa dan sayang jika kita lewatkan begitu saja. Oleh karena itu, pertumbuhan dan perkembangan anak penting sekali untuk diperhatikan dan diawasi oleh kita.

Saat kita meluangkan waktu bersama si kecil, dalam usianya yang 8 bulan ini, maka hubungan emosional dengan sang buah hati dapat terbangun. Selain itu, kita juga bisa mengamati bila bayi mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya. Saat ini dalam artikel kali ini kita akan mengulas tentang apa saja yang bisa kita perhatikan dalam perkembangan bayi 8 bulan.

Perkembangan Bayi 8 Bulan yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

Apa Saja Perkembangan Bayi 8 Bulan Yang Perlu Kita Ketahui

Pada dasarnya tumbuh kembang bayi bervariasi. Meskipun terjadi pada waktu yang sama. Hal ini dipengaruhi dari berbagai hal. Di samping kesehatan sang bayi, ternyata asupan nutrisi yang baik dan stimulus dari orang tua sangat mendukung perkembangannya. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang tua mengetahui tahapan ini agar bisa memberikan rangsangan yang tepat pada bayi. Yang dapat membantu perkembangannya dengan baik.

Pengucapan kata yang belum jelas

Saat bayi anda berusia 8 bulan, kadang sering mengeluarkan bahasa aneh seperti papapa atau nanana dan lainnya. Di samping bayi akan mengikuti kata yang anda ucapkan, biasanya dalam usia seperti ini bayi akan mengeluarkan kata yang berulang-ulang tanpa makna.

Bayi sudah belajar duduk merangkak juga berdiri

Sejak bayi berusia 6 bulan, ia sudah mampu duduk sendiri dan ini akan lebih baik saat memasuki usia 8 bulan. Biasanya ia mulai mampu duduk tanpa berpegangan. Bahkan di usia ini seorang bayi juga sudah mulai merangkak dan keinginan untuk belajar berdirinya sangat tinggi. Untuk itu, anda dapat memberikan rangsangan kepada bayi dengan cara memposisikan bayi di tepi sofa atau kursi. Sehingga dia akan berusaha menahan beban tubuhnya ke sofa agar bisa berdiri. Hindarkan bayi dari barang pecah belah dan membiarkan mereka sendiri tanpa pengawasan orang tua.

Penglihatan yang semakin baik

Sejak lahir, penglihatan bayi belum sempurna 100%. Perlu waktu bagi mereka untuk proses pertumbuhan dan perkembangan bola mata agar dapat melihat secara baik. Saat masuk usia 8 bulan, bayi sudah mempunyai penglihatan sebaik orang dewasa yang normal. Ini dalam hal kejelasan serta persepsi ruangan. Meskipun penglihatan untuk jarak jauh lebih sempurna, akan tetapi penglihatan mereka cukup baik untuk bisa mengenali orang dan ruangan yang sering dilihatnya.

Ikatan emosi yang kuat

Disamping perkembangan fisik, saat bayi berusia 8 bulan ia juga mengalami perkembangan secara mental. Ini bisa anda lihat dari rasa empati pada lingkungan yang ada di sekitarnya. Seperti saat ia melihat seseorang sedang menangis, biasanya bayi juga akan ikut menangis. Sebagai orang tua anda juga akan punya ikatan emosional yang kuat. Saat anda harus meninggalkan bayi anda untuk sementara waktu. Ini bisa dilihat dari saat bayi akan susah untuk ditinggalkan sendiri. Khususnya jika ditinggalkan bersama orang lain yang baru dikenal. Untuk dapat menenangkan mereka anda perlu memberikan pemahaman pada bayi.

Nah, menarik bukan perkembangan bayi 8 bulan ini, jangan sampai anda melewatkannya begitu saja. Dampingin pertumbuhan bayi anda dengan memberikan nutrisi, gizi dan rangsangan yang tepat agar tumbuh kembangnya sempurna.