Tanda awal kehamilan memang sering kali tidak langsung terdeteksi, karena hampir sama dengan gejala saat bunda akan mengalami haid, sehingga seringkali para wanita kesulitan ketika membedakan gejala haid dan gejala awal kehamilan.

 

Gejala awal kehamilan

Namun meskipun begitu jika diamati secara teliti anda akan menemui beberapa hal yang akan menunjukan bahwa anda sedang memasuki usia kehamilan.

Berikut ini merupakan bebera gejala awala kehamilan yang umumnya dirasakan wanita yang akan memasuki usia kehamilan:

Berubah-ubahnya suasana hati

Saat anda mulai memasuki usia awal kehamilan anda akan mengalami kondisi suasana hati yang berubah-ubah secara mendadak. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh bunda. Gejala ini umum terjadi terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Kondisi yang biasanya timbul diantaranya adalah mudah mefrasa sedih, cemas, menangis hingga menunjukan gejala depresi.

Pendarahan dan kram

Hal lain yang menunjukan bahwa anda hamil adalah anda akan mengalami kram pada perut bagian bawah, kram ibni serupa saat anda akan haid. Selain itu bunda juga akan mengalami pendarahan yang berupa bercak hal ini disebabkan karena janin mulai menempel pada Rahim.

Terhentinya siklus haid

Hal yang paling bisa menjadi pertanda bahwa bunda hamil adalah ketika terhentinya siklus haid, namun hal ini juga tidak selalu berarti anda sedang hamil. Oleh karena itu untuk mengetahui kebenarannya sebaiknya anda melakukan tes urin atau untuk lebih pastinya anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Sering buang air kecil

Gejala pertanda kehamilan lain yang mungkin anda rasakan adalah seringnya buang air kecil, anda akan merasakan kantung kemih anda selalu terisi sehingga menyebabkan anda selalu ingin buang air kecil baik itu siang maupun malam.

Hal ini terjadi karena pada saat hamil tubuh memompa darah lebih banyak sehingga ginjal juga harus memproduksi cairan yang lebih banyak. Hal itulah yang membuat anda sering merasa ingin buang air kecil. Pada beberapa ibu hamil gejala sering buang air kecil ini terjadi saat usia kehamilan memasuki 6 hingga 8 minggu.

Perubahan pada payudara

Setelah sel telur berhasi dibuahi maka tubuh anda akan mengalami beberapa perubahan hormon, salah satu akibat yang ditimbulkan dari perubahan hormon ini adalah terjadinya perubahan pada payudara. Perubahan tersebut diantaranya akan menjadikan payudara menjadi lebih besar, nyeri, dan putting yang lebih menghitam.

Sakit kepala

Salah satu gejala lain yang menunjukan kehamilan adalah sakit kepala, kondisi ini juga dipicu karena adanya perubahan hormon pada tubuh bunda dan meningkatnya tekanan darah. Jenis sakit kepala yang mungkin bunda rasakan adalah sakit kepala ringan namun intensitasnya sering.

Mengalami sembelit

Perubahan hormon ketika memasuki kehamilan juga akan menyebabkan masalah pada pencernaan karena kinerja alat bpencernaan menjadi lebih lambat sehingga membuat sembelit, oleh karena itu perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Reaksi pada makanan yang berbeda

Saat memasuki kehamilan bunda juga akan mengalami perubahan selera kepada makanan, bisa jadi anda sangat menyukai makanan itu bahkan bisa jadi anda akan sangat membenci makanan itu atau kondisi ini sering kali disebut dengan ngidam. Kondisi seperti ini merupakan kondisi umum yang terjadi pada ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama. Dan tentunya hal ini juga terjadi karena adanya perubahan hormon.