Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Sekitar 85,2% dari total seluruh penduduk yang ada di negara Indonesia adalah beragama Islam. Oleh karena itu, Indonesia menjadi salah satu sasaran utama dalam dunia fashion muslim yang saat ini sedang berkembang pesat. Indonesia menjadi tujuan para desainer untuk memasarkan produk yang mereka ciptakan khusus bagi para muslim, baik itu pria, wanita, anak-anak, remaja, maupun dewasa.

Fashion muslim, akhir-akhir ini memang mengalami perkembangan yang signifikan. Banyak model-model yang ditawarkan bagi para muslim untuk tampil trendy dan stylish. Bahkan karena banyaknya model yang ditawarkan, para muslim-muslimah sering kali bingung untuk memilih model yang cocok bagi dirinya maupun untuk couple pasangan atau keluarga.

Tips Memilih Fashion Muslim yang Baik

Terdapat beberapa tips dan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para muslim dan muslimah daam memilih busana yang akan dikenakan. Berikut uraiannya:

Sesuai dengan Syariat Islam

Tujuan awal dalam berbusana adalah untuk menutupi aurat, sehingga meskipun banyak berkembang model-model yang ditawarkan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah kesesuaian dengan syariat Islam. Syarat-syarat dalam berpakaian antara lain adalah menutup aurat, tidak ketat atau transparan yang dapat menampilkan bentuk tubuh, dan tidak berlebihan. Dengan mengetahui syarat-syarat dalam berpakaian, model apapun akan aman dan syar’i untuk dikenakan.

Memilih Pakaian yang Sesuai Ukuran

Ukuran pakaian akan menjadi faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap penampilan seorang muslim atau muslimah. Dalam memilih pakaian yang akan dikenakan, hendaknya dengan memperhatikan postur tubuh dan bentuk tubuh, sehingga pakaian tidak terlalu longgar (kebesaran) dan juga tidak terlalu sempit (ketat). Dengan ukuran yang pas atau sesuai dengan ukuran tubuh, maka pakaian yang dikenakan akan tampak nyaman untuk dipandang.

Memilih Pakaian yang Sesuai dengan Kondisi

Pemilihan pakaian juga harus disesuaikan dengan kondisi atau kegiatan yang akan dilalui. Untuk memilih kegiatan sehari-hari, sebaiknya menggunakan pakaian yang santai dan nyaman, serta menyerap keringat. Bahan yang bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari dan santai di rumah bisa berupa katun, kaos, atau jersey. Untuk menghadiri acara yang formal, gunakanlah pakaian yang formal dan rapi seperti kemeja, jaz dan celana bahan bagi pria. Sedangkan bagi wanita, sebaiknya menggunakan gamis atau long dress yang elegan dan tidak berlebihan. Untuk menghadiri acara yang formal sebaiknya juga memilih warna yang lembut dan tenang, sehingga tidak mencolok. Kemudian untuk menghadiri acara pesta atau pernikahan, bisa dengan mengenakan pakaian yang santai namun tren dan elegan. Bagi wanita dapat memakai dress atau gamis yang memberikan kesan mewah dan menawan. Biasanya, dress untuk acara pernikahan dihiasi dengan brokat atau hiasan yang glossy atau gemerlapan, sehingga tampilan akan lebih mewah dan menawan.

Memilih Busana yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Dalam memilih busana, apabila tidak memperhatikan bentuk tubuh, maka tampilan akan kurang sesuai. Dengan memilih model yang sesuai dengan bentuk tubuh, maka seorang muslim dan muslimah dapat menyamarkan kekurangan bentuk tubuhnya.

Memilih Warna yang Sesuai dengan Kulit dan Kondisi

Warna adalah hal yang penting dalam berpenampilan. Selain dapat menggambarkan suasana atau keadaan, permainan warna busana yang dikenakan dapat menyamarkan kekurangan tubuh yang mungkin kurang ideal. Pemilihan warna juga harus disesuaikan dengan warna kulit, sehingga busana dapat match dengan tubuh, dan penampilan pun akan lebih menarik.

Sekian beberapa tips memilih fashion muslim, semoga bermanfaat.